Cara Cek Garansi iPhone

Sebagai perusahaan teknologi yang sangat memperhatikan kualitas pelayanan konsumen, garansi iPhone, Ipad , Mac dan iDevice lain sangat diperhatikan Apple. Selain produk dengan desain menawan dan fungsi yang canggih, pelayanan konsumen mengambil porsi besar dalam kelangsungan bisnis Apple.

Sebagai konsumen, mengetahui tipe garansi iPhone dan cara cek garansinya adalah penting, supaya kamu mendapatkan manfaat pelayanan konsumen yang layak. Apalagi jika kamu berniat membeli iPhone selain di distributor resmi di Indonesia yang memiliki lisensi Apple Authorized Service Provider. Jika kamu berburu iPhone di marketplace seperti tokopedia, bukalapak, shopee atau forum-forum, ada banyak garansi yang dicantumkan seperti : garansi resmi, garansi international, garansi distributor. Yuk dikupas satu per satu.

Tipe Garansi iPhone

 

Garansi Resmi dari Apple Premium Reseller di Indonesia

 

Ini adalah kasta tertinggi dari tipe garansi iPhone, iPad, Mac dan produk Apple lainnya di Indonesia.  Garansi ini berlaku setahun sejak pembelian. Garansi ini bisa kamu dapatkan di Apple Premium Reseller seperti : iBox, Infinite, eStore dlsb.

Apple Premium Reseller Jakarta

Apple Premium Reseller Jakarta

Garansi ini mencakup kerusakan hardware dan software dengan catatan tertentu. Jika kamu membeli di Apple premium reseller maka kamu berhak mengklaim garansi dan servis di semua Service center Resmi Apple atau disebut  Apple Authorized Service Provider (AASP).  Lokasi Service Center Resmi Apple (AASP) bisa kamu cek di sini : https://getsupport.apple.com/

Service Center Resmi Apple Website

Service Center Resmi Apple Website

Dengan memiliki garansi resmi ini kamu bisa klaim garansi dan service dimana saja tidak harus di toko tempat membeli iPhone kamu. Misal kamu beli iPhone di iBox Jakarta, terus pas rusak kamu ada di Makassar, kamu bisa klaim garansi dan service di Me Gallery Makassar, selama masih dalam masa 1 tahun.

 

 

Garansi International

 

Dari namanya sih kelihatan keren dan memang Apple menawarkan garansi yang berlaku di seluruh dunia, namun kata Garansi iPhone International di Indonesia maksudnya iPhone ini ketika masuk Indonesa dijual bukan oleh distributor resmi di Indonesia, melainkan oleh distributor non resmi. iPhone dan Apple Device ini biasanya masuk ketika produknya belum resmi dijual oleh Apple di Indonesia, seringnya beredar di negara tetangga seperti Singapura.

Nah, karena bukan dijual oleh distributor resmi, garansi iPhone International mengharuskan kamu meng klaim garansi dan servis di negara tempat dijualnya. Tergantung pada perjanjial awal nya dengan pihak penjual, kamu mungkin bisa minta penjual (distributor) untuk membantu meng klaim garansi dan servis di negara tersebut jika terjadi kerusakan di iPhone mu.

Garansi Distributor

Garansi ini tidak diberikan oleh Apple secara langsung, melainkan dari pihak distributor. Lebih waspada jika membeli iPhone dengan garansi distributor karena syarat dan ketentuan garansi bisa berbeda-beda setiap distributor.

Kelebihan Garansi distributor adalah harga yang lebih murah dan tersedia di hampir semua penjual counter iPhone baru dan second

Kekurangan Garansi distributor adalah :

  • durasi garansi yang berbeda-beda ( ada yang 1 bulan sampai dengan 1 tahun
  • tidak semua jenis kerusakan dijamin garansi distributor.
  • Aksesoris iPhone (charger + kabel , earphone) yang kadang-kadang sudah tidak original

Cara Cek Garansi iPhone mu

Setelah kamu tahun jenis-jenis garansi iPhone diatas, berikut ini cara untuk mengetahui garansi iPhone mu.

Yang kamu perlukan untuk cek garansi dari iPhone Serial Number (atau IMEI), cara melihatnya dengan masuk ke Setting -> General -> About -> Scroll kebawah sedikit maka akan terlihat seperti ini.

Cek iPhone Serial Number untuk periksa garansi

Cek iPhone Serial Number

Setelah tahu serial number, masuk ke link website apple ini : https://checkcoverage.apple.com/id/in/

masukkan serial number di kolom “Masukkan nomor seri anda ” dan ketik kode dan klik Lanjutkan.

cek-garansi-iphone-web

cek-garansi-iphone-web

Jika kamu memasukkan nomor serial number yang valid maka akan muncul hasil nya seperti dibawah ini

Web Apple cek Garansi iPhone

Web Apple cek Garansi iPhone

Dari hasil diatas, perhatikan poin-poin nya :

Tanggal pembelian harus Valid, jika tidak valid hampir bisa dipastikan iPhone nya bodong atau palsu atau nggak jelas. Jangan beli iPhone dengan status pembelian tidak valid

Dukungan Perbaikan , Service dan Teknis

Jika kamu membeli iPhone di distributor resmi / premium authorized reseller, maka dukungan perbaikan, servis dan teknis akan berakhir satu tahun sejak kamu beli iPhone. Jika ternyata kurang dari itu, maka kamu berhak klaim/komplain untuk klarifikasi.

iPhone second / bekas yang kamu dapat di toko counter biasa biasanya status nya akan kurang dari setahun atau malah sudah habis/expired seperti gambar diatas. iPhone second/bekas dengan masa garansi masih ada tentu lebih mahal dibanding dengan iPhone yang sudah habis masa garansi resmi nya.

Nah, semoga info diatas berguna buat kamu yang mau cek garansi iPhone untuk memastikan layanan perbaikan iPhone mu.

 

 

credit foto : Photo by mnm.all on Unsplash

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.