Cara restore iPhone. Panduan Mudah Langkah demi Langkah

Ketika iPhone mu bermasalah entah karena upgrade software yang tidak berhasil atau ada masalah lain karena aplikasi yang tidak aman, restore iPhone bisa menjadi solusi untuk membuat iPhone mu berfungsi kembali.

Bagi kamu yang memiliki iPhone dengan storage penyimpanan 16GB , tips restore iPhone ini lumayan OK dilakukan setiap 3-4 bulan agar iPhone kamu fresh lagi.

Namun, hati-hati, karena cara restore bisa menghapus data dan aplikasi di iPhone mu. Ikuti langkah demi langkah cara restore iPhone berikut ini supaya kamu bisa menyelesaikan masalah iPhone dengan aman, In Syaa Allah.

Cara restore iPhone ke Factory Setting (asli awal bawaan pabrik)

  1. Periksa isi iPhone mu, apakah ada data yang perlu di backup, karena setelah restore, data dan aplikasi iPhone mu akan terhapus, kecuali yang sudah dibackup kemungkinan bisa dikembalikan lagi.
  2. Jika belum ada, Install iTunes di komputer di PC atau Mac kamu.
  3. Sambungkan iPhone kamu menggunakan kabel USB ke Mac atau PC yang sudah terinstall iTunes. iTunes akan otomatis terbuka dan mencoba mendeteksi iPhone kamu.

    Cara Restore iPhone - iTunes iPhone menu

    Cara Restore iPhone – iTunes iPhone menu

  4. Backup iPhone kamu dengan iTunes.
    Pilih opsi terenkripsi jika ingin data backup kamu lebih aman, kamu perlu membuat password yang digunakan untuk restore backup nantinya, jangan sampai lupa.
    Jika tidak ingin ribet mengingat password dan data backup kamu tidak sensitif, pilih opsi tanpa enkripsi.

    Cara restore iPhone - Backup dulu

    Cara restore iPhone – Backup dulu

  5. Matikan fitur “Find My iPhone” pada setting/pengaturan Apple ID/iCloud di iPhone kamu.
    Buka Setting/Pengaturan > [namamu]

    cara mematikan find my iphone-3

    cara mematikan find my iphone

    > iPhone >

    cara mematikan find my iphone-2

    cara mematikan find my iphone-2

    Find My Iphone >

    cara mematikan find my iphone-3

    cara mematikan find my iphone-3

    matikan (off) Find My iPhone . Disini kamu perlu memasukkan password akun Apple ID.

    cara mematikan find my iphone-3

    cara mematikan find my iphone-4

  6. Kembali ke iTunes, pada bagian iPhone, klik tombol restore iPhone, kemudian akan muncul jendela untuk konfirmasi apakah kamu akan benar-benar me-restore ke factory setting (kondisi asal), kalau sudah mantep, klik restore.Ada kemungkinan di langkah ini tombol yang muncul adalah “restore and update” , disini iTunes mendeteksi jika ada versi yang lebih baru untuk iPhone kamu, otomatis iTunes akan mendownload versi terbaru tersebut di komputer kamu sebelum melakukan restore iPhone.Setelah iPhone selesai restore nanti , iPhone kamu akan mendapatkan versi yang terbaru dari Apple.

    tombol restore iphone

    tombol restore iphone

  7. Tunggu proses restore sekitar 10 – 30 menit. Akan terlihat logo loading di iPhone kamu dan akan restart beberapa kali, hal ini normal.
  8. Jika sudah selesai , iPhone kamu bisa digunakan seperti iPhone baru dulu waktu dibeli di awal (bawaan pabrik), silahkan di setting ulang.

Restore iPhone dari Backup/Cadangan

Berikut langkah tambahan jika kamu ingin melakukan restore iPhone dari backup.

Cara restore iPhone dari iCloud Backup

Setelah langkah 8 pada cara restore ke factory setting diatas, ikuti langkah-langkah yang ada di iPhone kamu sampai menemukan layar “App dan Data”
Kemudian pilih “restore from iCloud” atau dalam bahasa Indonesia “pulihkan dari cadangan iCloud”

Cara restore iPhone dari iTunes

Langkah ini memerlukan file backup di komputer kamu seperti yang dilakukan pada restore iPhone factory setting pada langkah no. 4

    1. Setelah langkah 8 pada cara restore ke factory setting diatas, sambungkan kembali iPhone kamu ke komputer iTunes
    2. Setelah iTunes mendeteksi iPhone kamu,pilih “restore from iTunes backup” dalam iTunes bahasa Indonesia “pulihkan dari cadangan iTunes”, cari file backup yang terbaru (atau file mana saja yang kamu kenali paling up to date), kemudian klik restore.
    3. iPhone akan mulai restart untuk proses restore, tunggu sampai iPhone menyala kembali dan sinkron dengan iTunes. Jangan diputus sambungan USB iPhone dengan komputer sampai iPhone selesai restart dan sinkron dengan iTunes.

Cara lengkap restore iPhone diatas semoga membantu menyelesaikan masalah iPhone kamu. Jika ada pertanyaan atau masukan yang bisa dibagi , cantumkan di komentar ya. Atau kamu punya cara yang lebih keren dan mudah ??

credit gambar utama
Ben Kolde

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.