10 Tips untuk Memperpanjang Umur Baterai iPhone

Halo pengguna iPhone, Anda sedang mencari cara bagaimana memperpanjang umur baterai iPhone-mu? Anda berada di artikel yang tepat karena kali ini kami akan memberitahu Anda bagaimana cara memperpanjangan umur baterai iPhone.

Ya memang, baterai adalah komponen yang sangat penting bagi sebuah handphone. Apalagi sebuah iPhone, tidak lucu kan kalau iPhone mu sudah keren dengan harga yang enggak murah tapi baterai nya cepet habis atau cepet rusak?

Meskipun Anda bisa mengganti baterai iPhone yang sudah rusak dengan baterai baru dan membelinya dari Apple hanya dengan harga $29 (kalau beli baterai iPhone di marketplace lokal sekitar 200rban  – cek di Shopee atau BliBli atau Lazada) . Akan tetapi, iPhone yang memiliki baterai sehat merupakan sebuah investasi.

Sebelum kita membahas tipsnya, mungkin Anda perlu tahu terlebih dahulu mengenai apa itu masa pakai baterai dan umur baterai.

Masa Pakai Baterai vs Umur Baterai

Ada perbedaan antara masa pakai baterai dan umur baterai, dan berikut definisinya dari Apple.

Masa pakai baterai adalah jumlah waktu yang digunakan sebuah perangkat sebelum perlu diisi ulang. Sedangkan, umur baterai adalah jumlah waktu baterai bertahan sampai perlu diganti.

 

Cara Memperpanjang Umur Baterai iPhone

Dan berikut ini adalah 10 tips yang bisa Anda praktikan untuk memperpanjang masa pakai baterai iPhone.

  1. Periksalah Kesehatan Baterai Anda

Sebenarnya iPhone Anda akan memberikan notifikasi untuk memberi tahu Anda tentang kesehatan baterainya. Namun hal ini akan terjadi jika kesehatan baterai berada dibawah 80%.

Sehingga untuk memeriksa kesehatan baterai, Anda harus melakukannya secara manual dengan membuka Pengaturan -> Baterai.

Dan jika Anda memiliki Mac, Anda bisa memeriksa kesehatan baterai iPhone kapan saja dengan menggunakan sebuah aplikasi bernama CoconutBattery.

Clue nya, jika kesehatan baterai dibawah 80% atau lebih kurang dari itu, maka mungkin Anda harus pergi ke took Apple untuk menggantinya dengan yang baru.

  1. Aktifkan Fitur Pengisian Baterai yang Dioptimalkan

Jika iPhone-mu menggunakan iOS 13, terdapat sebuah fitur yang bisa membantu memperpanjang umur baterai yaitu fitur Pengisian Baterai yang Dioptimalkan.

Anda bisa mengakses fitur ini dengan masuk ke Pengaturan -> Baterai -> Kesehatan Baterai kemudian mengetuk sakelar Pengisian Baterai yang Dioptimalkan.

Setelah aktif, iPhone akan mempelajari kebiasaan pengisian baterai Anda kemudian akan mengatur pengisian baterai.

  1. Mengurangi Kecerahan

Kecerahan dari layer iPhone biasanya akan menguras habis daya baterai sehingga masa pakai baterai akan cepat berkurang.

Sehingga menurunkan kecerahan merupakan salah satu tips yang tepat.

Anda bisa membuka Control Center lalu mengurangi kecerahannya. Usahakanlah untuk tidak menggunakan kecerahan penuh karena seiring waktu ini akan mengurangi tekanan pada baterai.

 

  1. Aktifkan Kecerahan Otomatis

Jika Anda tidak mau meredupkan kecerahan layar, maka salah satu opsinya adalah dengan mengaktifkan fitur kecerahan otomatis.

Fitur ini bisa mengatur kecerahan layar secarah otomatis menyesuaikan dengan tempat Anda berada.

Jadi, ketika Anda berada di ruangan, maka kecerahan akan berkurang secara otomatis begitupun sebaliknya. Ketika Anda berada diluar ruangan, maka kecerahan akan meningkat secara otomatis pula.

Dan pada akhirnya, Anda akan bisa menghemat masa pakai baterai.

Untuk mengaktifkannya, Anda bisa menuju Pangaturan -> Umum -. Aksesbilitas -> Tampilkan Akomodasi.

 

  1. Mengurangi Waktu Penguncian Otomatis

 

Ketika Anda tidak menggunakan iPhone, layar biasanya akan mengunci secara otomatis. Lama waktu untuk mengunci biasanya berbeda-beda. Nah kami sarankan Anda untuk mengurangi waktu penguncian otomatis tersebut.

Silahkan buka Pengaturan -> Tampilan & Kecerahan -> Kunci Otomatis dan pilih opsi 30 detik.

Dengan waktu penguncian otomatis yang relatif singkat maka secara tidak langsung akan menghemat masa pakai baterai.

  1. Gunakan Wi-Fi

Menggunakan fitur Data Selular biasanya berpengaruh juga terhadap masa pakai baterai, baterai akan cepat habis dan lama kelamaan umur baterai pun akan menurun.

Jadi, jika memungkinkan dan disekitarmu ada wifi, gunakanlah wifi untuk menghemat masa pakai baterai iPhone-mu.

Untuk mengaktifkan Wi-Fi, dari Control Center ketuk sakelar Wi-Fi.

 

  1. Gunakan Mode Daya Rendah

iOS akan meminta Anda untuk mengaktifkan Mode Daya Rendah ketika baterai iPhone mu mencapai 20%. Mode Daya Rendah ini bisa diaktifkan secara manual setelah Anda mengisi penuh baterai.

Mode Daya Rendah ini akan menghemat penggunaan baterai dengan cara menonaktifkan proses latar belakang dan memperlambat CPU dalam menggunakan baterai sehingga masa pakai baterai akan menjadi lebih lama.

  1. Jangan Pernah Menggunakan iPhone di Suhu Ekstrim

Suhu ekstrim, baik itu panas maupun dingin yang ekstrim, memiliki pengaruh negatif terhadap kinerja baterai. Bahkan, baterai akan menurun lebih cepat.

Oleh karena itu, pastikan iOS berada pada suhu antara 32’ – 95’ F atau 0’ – 35’ C. Range suhu ini merupakan range suhu terbaik bagi iOS untuk bekerja.

  1. Tips Menyimpan iPhone untuk Jangka Panjang

Jika Anda berencana untuk tidak akan menggunakan iPhone dalam jangka waktu yang lama, Apple memberikan sebuah tips agar baterai dan iPhone mu aman sentosa.

Tips nya adalah pastikan baterai iPhone mu berada pada angka 50%. Jika baterai penuh atau kosong, itu akan memperberat kinerja baterai dan memperpendek usia baterai.

  1. Tips Mengisi Daya

Perlu Anda ketahui bahwa kesehatan baterai Lithium-ion tergantung pada bagaimana dayanta diisi. Berada dalam kondisi yang panas dan pengisian secara berlebih akan menurunkan daya tahan baterai iPhone.

Jadi, jika Anda menggunakan casing, sebisa mungkin Anda melepas casing tersebut ketika sedang melakukan proses pengisian baterai. Casing akan menahan panas dan itu tidak baik untuk baterai.

Lebih disarankan Anda menggunakan charger 5W bawaan iPhone. Meskipun Anda bisa mengisi baterai dengan charger Macbook 29W yang lebih cepat, itu sangat tidak disarankan.

Dan jika Anda membawa iPhone dalam kendaraan seperti mobil, pastikan Anda tidak meninggalkan iPhone di dalam interior mobil karena itu bisa menjadi sangat panas dan berdampak negative pada baterai.

Kesimpulan

Menjaga masa pakai baterai dari sebuah gadget seperti iPhone merupakan hal yang penting. Terutama jika Anda adalah orang yang sangat aktif bekerja seharian menggunakan iPhone.

Tentu Anda tidak ingin mengalami situasi kehabisan baterai ketika pekerjaan Anda menumpuk. Dan Anda pun pasti tidak ingin cepat mengganti baterai baru bukan?!

Oleh karena itu, melakukan hal-hal untuk mengoptimalkan masa pakai baterai adalah salah satu solusinya.

Anda bisa melakukan beberapa tips yang telah dijelaskan diatas, mulai dari mengaktifkan beberapa fitur sampai bagaimana memperlakukan iPhone dengan baik dalam keseharian Anda.

Semoga tips diatas bisa bermanfaat. Selamat mencoba.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.