Tips Iphone Agar Tidak Cepat Panas Atau Overheat

tips mengatasi iPhone cepat panas

tips mengatasi iPhone cepat panas

Sebenarnya Tips Iphone Agar Tidak Cepat Panas Atau Overheat merupakan hal yang sederhana. Jadi apabila anda paham dengan maksud dan cara penerapannya, tentu masalah overheat ini mungkin tidak akan berkelanjutan.

Dalam hal ini ada begitu banyak pertanyaan yang sering muncul ketika ponsel iphone terasa panas berlebihan. Entah itu tentang cara mendinginkan ataupun mencari aplikasi yang bisa membuat iphone lebih dingin. Padahal semuanya sudah berada pada genggaman anda.

Beberapa tips berikut bisa membantu anda mencegah iphone overheat, dan jika diperlukan mungkin anda perlu hardware tambahan seperti casing pendingin iphone.

Tips Iphone Agar Tidak Cepat Panas Atau Overheat

Terus bagaimana cara mendinginkan iphone yang cepat panas? Untuk menjawab pertanyaan ini kami berusaha mencari berbagai referensi untuk dijadikan acuan bagi anda. Jadi secara tidak langsung anda tidak perlu khawatir lagi karena tips dan trik yang akan kami berikan sudah terbilang lengkap. Sehingga tidak perlu mencari referensi lain supaya bisa mengatasi iphone overheat. Seperti apa dan bagaimana? Tentu ada baiknya bila anda menyimak artikel kami ini sampai selesai!

Tips Iphone Agar Tidak Cepat Panas Atau Overheat

Sebagai tutorial sederhana dari kami, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mendinginkan iphone dengan cepat. Karena jika tidak segera ditangani, tentu tidak menutup kemungkinan akan menyebabkan adanya kerusakan pada elemen didalamnya. Entah itu hardware ataupun perangkat lain yang menjadi pendukung dari smartphone tersebut. Beberapa langkah tersebut diantaranya :

 

1. Jangan paksakan menggunakan iPhone terlalu lama atau pakai iPhone cooler casing

Apalagi untuk penggunaan iPhone yang banyak memakan prosesor , memory seperti streaming terlalu lama atau gaming. Jika terpaksa kondisi harus memakai handphone ketika HP mulai panas, coba gunakan iPhone cooler.

 

2. Hindarkan iPhone terkena matahari langsung dalam jangka waktu yang lama.

Ini pernah kejadian ketika iPhone saya pakai sebagai alat pandu GPS di dashboard mobil, sedangkan kaca depan kena sinar matahari langsung, dalam waktu 20 menitan saja iPhone sudah panas banget  dan beberapa aplikasi hang.

2. Mengurangi Kecerahan Layar

Membiarkan layar terang secara terus-menerus akan membuat baterai lebih cepat terkuras. Dan yang paling sederhana ialah ketika anda menggunakan ponsel untuk bermain game, browsing (internet), atau hal lain yang menuntut layar terus menyala dalam jangka waktu yang lebih lama. Jadi dalam hal ini anda bisa mengatur iphone pada low power sehingga penggunaan layar lebih redup dan cukup berpengaruh pada penghematan baterai.

3. Restart Ulang Iphone

Mungkin tips ini terbilang cara yang paling cepat dan mudah untuk lakukan karena hanya perlu mematikan kemudian menyalakan kembali ponsel anda. Selain mampu mengembalikan performa dari smartphone, hal ini juga akan mengurangi panas karena banyaknya aplikasi yang berjalan secara otomatis. Jadi matikan sebentar iphone anda kemudian bisa dinyalakan kembali setelah dirasa panasnya berkurang.

3. Menonaktifkan Aplikasi Latar Belakang

Secara tidak sadar ada begitu banyak aplikasi yang berjalan secara otomatis di belakang layar anda. Entah itu dari segi online yang mempercepat pemakaian paket data, atau dari segi berkurangnya performa ponsel karena terlalu banyak aplikasi yang aktif. Jadi lebih baik anda menonaktifkan aplikasi yang tidak diperlukan supaya tidak melakukan update terus-menerus.

4. Jangan Menggunakan Ponsel Ketika Di charge

Sangat dianjurkan untuk tidak menggunakan ponsel ketika dilakukan pengisian daya. Sebab hal ini hanya akan membuat smartphone anda lebih cepat panas. Tidak hanya untuk iphone saja, melainkan untuk semua jenis ponsel dengan berbagai os didalamnya. Jadi biarkan sampai full terlebih dahulu, diamkan sejenak agar dingin dan barulah bisa anda pakai kembali.

5. Update OS Ke Versi Terbaru

Versi iOS yang anda gunakan mungkin sudah lebih baik dari yang sebelumnya (yang lebih rendah), namun belum tentu lebih bagus dari OS terbaru yang sudah disediakan oleh pihak Apple. Update ini sudah dilakukan perbaikan yang nantinya bisa meningkatkan kinerja, mengurangi bug dan lain sebagainya. Jadi tidak ada salahnya anda melakukan update iOS untuk merasakan fitur baru atau sekedar mengurangi masalah ponsel overheat.

6. Reset Ke Pengaturan Pabrik

Meski terkendala data yang terdapat pada ponsel, namun langkah ini juga sangat diperlukan untuk mengembalikan kinerja iphone supaya lebih maksimal. Dengan melakukan reset data factory, semua data yang tidak terpakai seperti sampah sistem, aplikasi, dll akan bersih dan akan membuat performa ponsel lebih ringan. Jika kinerja ponsel tidak lelet (berat), maka secara tidak langsung akan mengurangi dampak panas yang ditimbulkan.

7. Matikan Data Seluler

Tips ini lebih tepat disebut dengan cara mendiamkan ponsel sejenak agar kembali dingin. Dengan mematikan data seluler, tentu kinerja iphone untuk menarik signal bisa dihentikan dan membuat ponsel lebih cepat dingin. Kalau perlu manfaatkan mode pesawat dan diamkan ponsel anda sejenak tanpa menyalakan layar.

Dalam hal ini sebenarnya masih banyak tips yang bisa anda lakukan seperti : aplikasi pendingin tambahan, Menghapus aplikasi yang tidak terpakai, melepaskan casing ponsel, didiamkan di ruangan yang sejuk, dan lain-lainnya. Jadi intinya adalah anda harus lebih bijak dalam menggunakan iphone. Jangan biarkan layar terus menyala, selalu tersambung ke internet, dan kalau bisa gunakanlah wifi agar kinerja iphone untuk menarik signal lebih ringan.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.